SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, namun puasa pada tahun 2024 ini selain menjadi bulan suci yang dipenuhi dengan berkah dan juga menjadi puasa yang istimewa karena bukan hanya umat Islam saja yang berpuasa namun umat Kristen-Katolik juga sedang menjalankan ibadah yang sama yaitu puasa dan berpantang dalam menyambut Paskah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Ustad H. Muhammad Amin dalam tausyiah yang disampaikan dalam acara buka puasa bersama antara PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika di Aula ruang Tembaga Hotel Rimba Papua, Kamis (14/3/2024).

Dalam rilis yang diterima salampapua.com, Senin (18/3/22024), disebutkan bahwa kegiatan buka puasa bersama tersebut dihadiri jajaran manajemen PTFI dan Kepala-Kepala Dinas di lingkup Pemkab Mimika.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Amin mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mimika menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan yang utama adalah penuh toleransi.

“Tidak dibenarkan oleh agama apapun kalau kita saling membenci dan saling bermusuhan, yang hanya akan membuat kita, bangsa Indonesia, tercerai berai. Kita semua adalah saudara satu nenek moyang, yaitu anak, cucu, cicit keturunan Nabi Adam. Jadi sudah seharusnya kita semua baik muslim maupun non muslim untuk saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain. Karena kita ini masih saudara dari Nabi Adam,” ujarnya.

Mewakili manajemen PTFI, Vice President Environmental, Gesang Setyadi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemkab Mimika yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara buka puasa bersama dan silaturahmi tersebut.

“Bulan Ramadhan adalah bulan mulia dengan seluruh keutamaan dan keistimewaan di dalamnya. Semua umat Muslim di manapun sedang menjalankan ibadah puasa. Pada kesempatan yang bagus ini izinkan kami dari PTFI menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika yang selama ini telah mendukung jalannya oprasional PTFI sehingga sampai pada saat yang sekarang ini. Kami mengucapkan terima kasih secara khusus atas dukungan dari Pemkab pada proses AMDAL beberapa waktu yang lalu, baik sejak proses komunikasi dengan masyarakat saat di sini (di Mimika) hingga saat proses selanjutnya di Jakarta. Sungguh merupakan dukungan yang luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu, mewakili Pemkab Mimika, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Robert Mayaut menyampaikan terima kasih atas undangan dari PTFI dalam acara buka puasa bersama tersebut.

“Kegiatan seperti itu sangat baik, karena dengan adanya silaturahmi seperti ini kita bisa saling ketemu, ngobrol-ngobrol dan bertukar pikiran, dari situlah nanti akan ada banyak hal yang bisa kita bicarakan. Jika suatu ketika ada masalah di lapangan yang dihadapi oleh PTFI, di situlah kita bisa bersinergi saling membantu, karena masysrakat ini milik pemerintah daerah. Jadi saya kira ini sangat baik untuk saling mendekatkan antara Pemkab dan PTFI,” ungkapnya.

Editor: Jimmy