SALAM PAPUA (TIMIKA) - Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika, Soni Hartono mengungkapkan bahwa suhu panas di Mimika mencapai 34-35 derajat Celcius, meski begitu gelombang di laut masih terbilang aman yang mencapai 0,5 meter dengan kecepatan angin rendah mencapai 2-10 knot.

“Cuaca saat ini bisa dikatakan lebih lumayan dari pada 19 Maret 2024 lalu, yang bisa mencapai 35-36 derajat Celsius. Hal ini dikarenakan adanya badai Megan di wilayah perairan Australia yang menyebabkan pertumbuhan awan tertarik ke Australia, akibatnya cuaca menjadi kering, Mimika mengalami kemarau, namun saat ini sudah mulai normal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini matahari berada tepat di tengah garis Khatulistiwa, sehingga pada siang hari akan terasa panas namun akan berpeluang hujan di sore hingga malam hari, tergantung penumbuhan awan.

“Peluang hujan memang ada di sore hari hingga di malam hari, bahkan di sore hari ini pukul 15.00 WIT wilayah Poumako dan Kuala Kencana sudah turun hujan, karena memang kalau akhir bulan Maret pertumbuhan awan lebih cepat,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada akhir bulan ini di Timika untuk penumbuhan awan akan berawal dari Utara kemudian hujan lebat dan akan bertumbuh ke kota, serta akan ada tambahan angin dan petir dari Barat.

“Cuaca seperti ini akan diperkirakan berlangsung hingga pertengahan April, sehingga akan ditemui petir dan angin di sore hingga malam hari,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy