SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam rangka menyambut hari Raya Paskah tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bersama Persekutuan Gereja-Gereja di Mimika (PGGM) menggelar parade Paskah Oikumene, pada Kamis (21/3/2024).

Kemeriahan Parade Paskah Oikumene yang diikuti ribuan umat Kristen dari perwakilan Gereja-Gereja di Mimika dan diwarnai dengan pawai mobil mengelilingi kota Timika ini dilepas oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan diakhiri dengan ibadah serta acara adat bakar batu bersama masyarakat yang dipusatkan di Gereja Marthen Luther Mile 32 Timika.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, Paskah merupakan salah satu Hari Raya umat Kristiani dan seluruh Gereja di Dunia melaksanakannya dirangkai dengan perayaan pesta, sehingga dalam menyambut Paskah juga harus dilakukan dengan pesta yang meriah.

"Paskah mengenang Kristus melawan maut untuk menghapus dosa-dosa umat manusia, sehingga peserta parade Paskah diminta untuk menghayati parade Paskah sebagai sebuah perjalanan menuju kemenangan. Masyarakat harus tahu Tuhan menebus dosa kita, maka sebaiknya kita manusia bisa menebar kebaikan kepada sesama manusia dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PGGM Pdt. Donald Salima yang juga selaku ketua Panitia mengatakan bahwa parade Paskah Oikumene tersebut dilaksanakan dalam rangka pemulihan kembali Kabupaten Mimika pasca Pemilu.

“Kami rangkai dengan pawai mobil hias sehingga masyarakat bisa meninggalkan perdebatan saat Pemilu lalu yang sempat penuh dengan kejadian-kejadian, sehingga saat menyambut Paskah masyarakat tetap kembali akur, dan saat Pemilu perdebatan serta berbeda pilihan itu wajar,” ungkapnya.

Selain Parade Paskah Oikumene, Pemkab Mimika bersama PGGM di Mimika juga akan menggelar pawai obor Paskah pada tanggal 31 Maret 2024 yang direncanakan akan dilaksanakan pada pukul 01.00 - 04.00 WIT dan dilanjutkan dengan Ibadah Fajar Paskah tanggal 31 Maret pukul 04.00 -06.00 WIT yang akan dipusatkan di Gedung Eme Neme Yauware.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy