SALAM PAPUA (TIMIKA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) perdana periode 2023-2028, yang berlangsung di Aula Dukcapil Mimika Jalan Cenderawasih Timika, Kabupaten Mimika, Minggu (24/03/2024).

Rakerda ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Sekda Mimika Ida Wahyuni mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan dihadiri seleruh pengurus MUI Mimika.

Dalam sambutan Bupati Mimika, Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni menyampaikan, Rakerda penting dilakukan sebagai forum yang dapat membentuk strategi kerja ke depannya dan menghasilkan pemikiran untuk meningkatkan kualitas kehidupan antar umat beragama di Kabupaten Mimika.

“Saya berpesan dalam Rakerda ini Ulama dan Umara bersinergi untuk menjunjung tinggi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 guna mewujudkan kebersamaan dan menyatukan umat dalam rangka mewujudkan Kabupaten Mimika yang rukun dan damai, sejalan dengan tema yang digaungkan yaitu mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Sementara Ketua MUI Kabupaten, KH. Muh Amin AR mengatakan, dalam Rakerda Perdana tersebut, MUI merumuskan beberapa program yang akan menjadi panduan umat Islam di Kabupaten Mimika ke depannya.

“Kepengurusan MUI Mimika periode 2023-2028 merupakan hasil Musyawarah Daerah, dan kami telah dilantik oleh Ketua MUI Provinsi Papua, sehingga Rakerda ini sangat penting dilakukan,” ujarnya.

Muh Amin mengungkapkan, MUI merupakan wadah perkumpulan Ulama dari seluruh organisasi Islam dan berbagai mazhab (aliran) termasuk dua ormas Islam terbesar yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyyah.

“Antara MUI dan Pemerintah merupakan hubungan yang saling melengkapi, dimana MUI sebagai penguat keummatan, keagamaan dan kebangsaan yang menyatukan secara Nasional, dan Pemerintah Daerah sejauh ini selalu mendukung MUI,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy